1.
Rasional
Media yang mengarah ke rasional
yang berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan masyarakat, akan memberikan
tekanan atau manfaat baginya untuk menerima berita yang diinformasikan /
dikomunikasikan.
2. Humor
atau jenaka
Penampilan humor atau jenaka
merupakan strategi mencapai sasaran komunikasi grafis komunikasi untuk memicu
perhatian terhadap yang dikomunikasikan
3. Rasa
takut
Rasa takut lebih efektif
digunakan untuk memperbaiki motivasi
Tujuan :
Mengindentifikasi konsekuensi
negatif jika menggunakan produk.
Mengidentifikasi konsekuensi negatif
terhadap perilaku yang tidak aman, misalnya minum-minuman keras, merokok,
menelpon sambil nyetir mobil, merusak lingkungan, dan sebagainya
4.
Patriotik
Tampilan visual patriotik (hero)
dihadirkan untuk menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap berita yang
diinformasikan
5.
Kesalahan
Tujuan media yang bersifat kesalahan
ini agar audience (masyarakat) yang melihatnya/ membacanya bisa
memperbaiki adegan/ berita kesalahan yang diinformasikan/dikomunikasikan
6.
Kaidah
Kaidah biasanya hubungannya
dengan aturan-aturan yang tidak menyinggung suku, adatistiadat, ras, dan agama
(SARA). Unsur ini sangat riskhan dan harus berhati-hati, agar media grafis yang
diciptakannya tidak terjadi kesalah pahaman di dalam masyarakat
7.
Simbol
Simbol adalah tanda yang mempunyai
hubungan dengan obyek yang mempunyai peraturan yang sifatnya umum.
Simbol merupakan jembatan menginterpetasikan
(mengartikan) suatu obyek kepada orang lain sesuai dengan pengalamannya
8.
Pengandaian
Pengandaian merupakan harapan atau
angan-angan ke depan sebuah tujuan. Pengandaian merupakan sebuah impian yang
seakanakan menjadi kenyataan
9.
Emosional
Sebagian masyarakat tertarik pada
berita yang diinformasikan/ dikomunikasikan melaui pendekatan emosional dengan
perasaan si penghayat yang mengesampingkan akribut dari lembaga yang
menginformasikan
Teknik emosional lebih mengena dan membuat
penasaran, khususnya masyarakat yang merasa lebih maju